Selamat Datang di Website Resmi Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur - NTB SEHUBUNGAN DENGAN MULAINYA MUSIM PENGHUJAN PERLU ADANYA ANTISIPASI PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DAN DIARE. UNTUK ITU DIHIMBAU KEPADA MASYARAKAT UNTUK MELAKUAN PENCEGAHAN DENGAN CARA PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK MELALUI 3M PLUS DI LINGKUNGAN

Artikel

SEJARAH DESA SEPAPAN

29 Desember 2019 14:54:42  SAHRUM  1.973 Kali Dibaca 

Desa Sepapan terbentuk melalui perjuangan yang panjang dengan melibatkan beberapa orang tokoh masyarakat sebagai inisiator. Dengan melihat penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Desa Jerowaru pada saat itu yang semakin meningkat, sehingga membawa akibat bertambah beratnya tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang Kepala Desa di wilayah kerjanya, lebih-lebih terhadap Desa yang wilayahnya luas dan jumlah penduduk yang besar serta dengan memperhatikan situasi, kondisi geografi dan demografi pada khususnya dan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka akan sangat diperlukan untuk melakukan pemekaran wilayah Desa dengan pembentukan sebuah desa baru yaitu Desa Sepapan.

Sehingga berangkat dengan niat untuk pemerataan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat, beberapa orang tokoh masyarakat telah mengadakan beberapa kali musyawarah dan mempunyai kesepakatan untuk mengusulkan pembentukan Desa Sepapan yang dihadiri oleh tokoh perwakilan masing-masing wilayah pemekaran meliputi wilayah Dusun Sepapan dan Dusun Orong Bukal

Dalam membentuk sebuah desa berdasarkan Peraturan Bupati No 12 Tahun 2009 minimal wilayah kekadusan adalah sebanyak 3 (tiga) dusun, maka kami masyarakat khususnya di wilayah barat Kekadusan Sepapan sekaligus mengajukan usulan pemekaran khususnya di Dusun Sepapan dengan membentuk 2 (dua) buah dusun baru sebagai bagian wilayah kerja pemerintahan desa yaitu Dusun Dasan Repok dan Dusun Bare Due.

Aspirasi dan antusiasme masyarakat yang menginginkan pemekaran ini menjadi dasar utama untuk mengusulkan Pembentukan Desa Sepapan , karena berangkat dari permasalahan itu, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan program pemekaran desa. Melalui program ini dapat dimungkinkan persoalan pelayanan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta persoalan koordinasi diharapkan dapat dituntaskan. Jangkauan wilayah yang cukup luas dan jumlah penduduk yang cukup padat merupakan faktor-faktor yang memunculkan persoalan tersebut, sehingga alternative yang paling tepat adalah melaksanakan program pemekaran desa dan membentuk Desa Sepapan.

Desa Sepapan dibentuk dengan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 38 Tahun 2011 (Berita Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun 2011 Nomor : 183) sebagai hasil pemekaran dari Desa Jerowaru dan diresmikan pada tanggal 16 September Tahun 2011 dalam status Desa Persiapan. Kemudian Desa Sepapan didefinitifkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Timur Nomor 7 Tahun 2011 (Lembaran Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun 2011 Nomor : 7) yang berlaku sejak tanggal diundangkan yaitu tanggal 28 Nopember 2011.

Dalam pasal 53 Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Timur Nomor 7 Tahun 2011 tersebut, Desa Sepapan berasal dari sebagian wilayah Desa Jerowaru yang terdiri atas 4 (empat) Dusun, yaitu : 1. Sepapan; 2.Orong Bukal, 3.Dasan Repok dan 4.Bare Due. Pada Tahun 2012 wilayah Desa Sepapan dimekarkan menjadi 7 (tujuh) wilayah, yaitu : 1.Sepapan, 2.Orong Bukal, 3.Dasan Repok, 4.Bare Due, 5.Rumes, 6.Sepapan Bat, dan 7.Tenten Pejeruk. Kemudian pada tahun 2019 Desa Sepapan kembali memekarkan wilayah Orong Bukal menjadi 2 wilayah dan wilayah Tenten Pejeruk menjadi 2 wilayah, sehinga desa Sepapan memiliki 9 Wilayah yaitu: 1. Rumes, 2. Sepapan, 3. Sepapan Bat, 4. Dasan Repok, 5. Bare Due, 6. Orong Bukal, 7. Batu Golok, 8. Kbon Lauk, 9. Tenten Pejeruk.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan TGH. Muhtar Said - Sepapan - Jerowaru
Desa : Sepapan
Kecamatan : Jerowaru
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83676
Telepon :
Email : [email protected]

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

Bupati Lombok Timur DPMD Bakso
Prodeskel Kemendagri Sensus 2020
Simponi e-billing

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:492
    Kemarin:538
    Total Pengunjung:144.505
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.7.64
    Browser:Mozilla 5.0